PABELAN- Youngsang University (YSU) dari Korea sedang menjajaki kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Berbagai program dari YSU pun ditawarkan kepada UMS baik itu untuk dosen maupun mahasiswa.

Director Office of Indonesia Affairs YSU, Prof Je Dae-Sik mengatakan, pihaknya menghendaki kerja sama dengan UMS dalam berbagai program karena UMS merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Indonesia. “Hal ini yang membuat tertarik YSU ingin bekerja sama dengan UMS,” kata Je Dae-Sik di kampus UMS, Rabu (27/4).

Untuk program yang ditawarkan dari YSU di antaranya program double degree yaitu program 2+2 untuk S1 dan program 1+1 untuk S2. Program 2+2 ialah untuk mahasiswa S1 yang sudah dua tahun belajar di Indonesia, kemudian dilanjutkan bidang studinya di YSU dengan mendapat ijazah S1 dari kedua universitas.

Sedangkan program 1+1 ialah untuk mahasiswa S2 yang baru menyelesaikan dua semester di Indonesia kemudian dilanjutkan bidang studinya selama satu tahun di YSU dengan mendapat ijazah S2 dari kedua universitas.

Lebih lanjut Je Dae-Sik menambahkan YSU berdiri secara resmi pada bulan Maret 1983 dengan nama Sungsim College of Foreign Languages (SCFL) di Busan yang merupakan kota terbesar kedua di Korea.

Selaras dengan kebutuhan masyarakat, maka sejak tahun 1997, SCFL berkembang menjadi sebuah universitas yang bernama YSU. Saat ini, YSU memiliki enam fakultas dan 40 jurusan dengan jumlah mahasiswa 7.010 orang yang terdiri dari jenjang S1 sebanyak 6.794 orang, S2 sebanyak 171 orang dan S3 sebanyak 45 orang.

Saat ini YSU sudah bekerja sama dengan Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Sultan Agung Tirtayasa Serang, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Udayana Bali, Universitas Multimedia Nusantara Serpong, Universitas Komputer Indonesia Bandung, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Internasional Batam dan lain-lain.

“Saat ini terdapat 140 mahasiswa Indonesia yang datang dari berbagai universitas sedang mengikuti program double degree baik S1 maupun S2 di YSU. Di samping itu, akan dibuka program S3 untuk para dosen Indonesia dalam bidang teknik informatika, sistem informasi dan cyber pada bulan September tahun ini,” kata Je Dae-Sik.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UMS, Muhammad Da’i mengatakan, pihaknya menyambut baik ajakan kerja sama dengan YSU ini. Selama ini, dari UMS sudah menjalin kerja sama dengan universitas di Korea dan tiga mahasiswa UMS belajar di sana. “Lalu dengan adanya kerja sama dari YSU ini, akan kami tindak lanjuti pada awal Juni mendatang berkunjung ke sana,” ujar Da’i.