REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN — Dr Heri Budianto terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Pusat periode 2016-2019. Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta itu meraih suara terbanyak dalam pemilihan ketua umum pada Kongres Aspikom IV yang digelar di Medan, Sumatra Utara, Rabu (11/50 malam.

Direktur Polcomm Institute ini meraih 93 suara mengalahkan Dadang Rahmat Dekan Fikom Universitas Padjadjaran Bandung yang memperoleh 63 suara. Kongres Aspikom yang berlangsung pada 10-12 Mei itu dihadiri 150 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia yang memiliki program studi Ilmu Komunikasi. Pelaksanaan kongres berjalan lancar,meski sempat beberapa kali di skors karena alotnya pembahasan tata tertib sidang maupun tata tertib calon ketua umum.

Heri mengajak semua program studi Ilmu Komunikasi untuk bersinergi bersama-sama membangun Aspikom yang lebih baik. “Program studi Ilmu Komunikasi seluruh Indonesia harus mampu menjawab tantangan persaingan global dan mampu melahirkan kurikulum pendidikan tinggi ilmu komunikasi yang mampu bersaing secara nasional dan internasional,” ujar dosen Universitas Mercu Buana Jakarta ini kepada Republika.co.id, Kamis (12/5).

Selain itu, Heri berharap sebagai institusi yang mencetak calon-calon sarjana dan pascasarjana D3, S1, S2, S3 di bidang Ilmu komunikasi, Aspikom mampu menghasilkan rumusan kurikulum yang mampu melahirkan lulusan yang menyediakan kebutuhan dunia industri khususnya industri komunikasi.

“Dengan kepengurusan baru ini juga diharapkan mampu menjadikan Ilmu Komunikasi menjadi ilmu yang dirasakan langsung manfaat dan keberadaanya di tengah masyarakat sehingga membawa kemajuan bangsa dan negara,” ungkap Heri.