Solo — Empat bulan lagi Dr Sofyan Anif bakal menggantikan Prof Bambang Setiadji untuk memimpin Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), periode mendatang. Perihal penggantian itu sudah diputuskan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

“Tetapi pelantikan memang diundur empat bulan. Karena masa jabatan Prof Bambang Setiaji ada perpanjangan empat bulan,” jelas Wakil Rektor IV UMS Sofyan Anif kepada Timlo.net, di Balai Muhammadiyah Solo, Minggu (1/1).

Sofyan sebagai Rektor UMS terpilih mengakui, pelantikan semula memang akan berlangsung tanggal 24 Desember 2016 lalu, tetapi ditunda hingga tanggal 24 April 2017 mendatang.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerbitkan Surat Keputusan (SK) bahwa masa jabatan Rektor UMS, Prof Bambang Setiadji diperpanjang,” jelasnya.

Menurut Sofyan, perpanjangan masa jabatan Bambang Setiadji ini dikarenakan saat ini UMS sedang menjalani kerjasama dengan berbagai pihak. Diantaranya yaitu terkait dengan pengelolaan Universitas Muhammadiyah di Malaysia, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan dengan Kyungdong University Korea.

“Pak Bambang biar menyelesaikan proses kerjasama ini. Meskipun nanti pada bulan April juga masih berlanjut sehingga diharapkan bisa lebih siap,” ujarnya.

Sementara itu, pelantikan Rektor Terpilih UMS periode 2017-2021 yaitu Sofyan Anif akan direncanakan pada 24 April 2017 mendatang. Terkait hal itu, Sofyan mengaku sanggup mengemban amanah sebagai Rektor UMS. Dirinya siap meneruskan program rektor sebelumnya. Selain itu memiliki program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Menjadikan UMS menjadi pusat pengkaderan Muhammadiyah tingkat nasional.