UMS – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai tanggal 3 Januari hingga 26 Agustus 2017 membuka pendaftaran mahasiswa baru (Maru) tahun ajaran 2017/ 2018. Pendaftaran mahasiswa baru dilakukan dengan sistem One Day Service (ODS).

“Kami mentargetkan sebanyak 22.000 pendantar dan akan menerima 7.000 mahasiswa baru,” kata Wakil Rektor 1 UMS, Muhammad Dai kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (3/12). Dai mengatakan, tahun akademi ajaran 2017/2018, UMS membuka 43 Program Studi (Prodi) dari 12 fakultas. Dengan seleksi sistem ODS, UMS menyiapkan 80 komputer yang bisa digunakan untuk tes calon mahasiswa baru.

Dengan sistim ODS, kata Dai, pendaftar UMS bisa dilayani secara cepat mulai pendaftaran hingga diketahui hasilnya diterima atau tidak, dalam kurun satu hari. Terkait antisipasi adanya joki, menurut Dai, UMS sudah mengantisipasi dengan menyiapkan sistem keamanan secara ketat.

“Jadi pas masuk ruangan tes, peserta diperiksa tidak boleh membawa HP. Lalu diverifikasi datanya sehingga bila terjadi kecurangan bisa diketahui,” jelas dia.