WARTAKAMPUS.COM: SURAKARTA — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sedang merintis mendirikan Universitas Muhammadiyah di Malaysia. Universitas tersebut akan diberi nama University Konsorsium Muhamadiyah Malaysia (UKMM).

“Semula memang merupakan gagasan Rektor UMS Prof Dr Bambang Setiaji yang ditampung Pengurus Pusat Muhammadiyah. Selanjutnya memberikan mandat kepada UMS untuk memprosesnya,” jelas Kepala Humas dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Surakarta, Anam Sutopo kepada Timlo.net, di Kampus UMS, Pabelan Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (11/2).

Menurut Anam, pihaknya akan bekerjasama dengan 12 Universitas dalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia. Terutama PTM yang memiliki Fakultas Kedokteran di antaranya UMS, UMY, UMM, dan Universitas Ahmad Dahlan. “Kita beli college yang ada di Johor Malaysia. Ada college yang ijinnya kita beli, kita kembangkan jadi Universitas Konsorsium Muhammadiyah, konsepnya adalah perpaduan antara PTM dengan Malaysia,” jelasnya.

Selain didukung oleh dosen-dosen asal 12 PTM yang terpilih untuk mengajar di UKMM , menurut Anam, pihaknya juga akan menggandeng lima perguruan tinggi di Malaysia untuk mengirim dosen terbaiknya ke UKMM.

Meski masih dalam tahap rintisan, lanjut Kepala Humas UMS, pihaknya berupaya dapat merealisasikan pendirian Universitas Muhammadiyah pertama di luar negeri, minimal sebelum tahun 2020 mendatang. Tentu saja dengan program studi yang sesuai tuntutan pasar. UKMM ini akan fokus bidang eksakta.