UMS, Pabelan-Online.com – UMS loloskan proposal terbanyak untuk Koordninator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah VI dengan total 56 proposal. Hasil ini berdasarkan pengumunan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) mengenai penugasan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) lima bidang tahun 2017 yang layak didanai.

Dilansir dari simbelmawa.ristekdikti.go.id, direktur Kemahasiswaan Ristekdikti, Didin Wahidin menuliskan dalam surat pengumuman tersebut bahwa banyaknya proposal PKM yang didanai berjumlah 3.918 proposal sedangkan UMS lolos 56 proposal. Hasil tersebut menunjukkan UMS merupakan universitas dengan lolos PKM terbanyak untuk wilayah Kopertis VI.

PKM UMS yang lolos pada bidang penelitian eksakta sebanyak 26 proposal, bidang kewirausahaan sebanyak 15 proposal, bidang karsa cipta sebanyak 9 proposal, dan bidang penelitian sosial humaniora sebanyak 4 proposal serta bidang pengabdian masyarakat sebanyak 2 proposal.

Surat pengumuman tersebut ditujukan kepada rektor tiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Koordinator Kopertis wilayah I hingga XIV. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa dana yang diberikan Ristekdikti akan dilaksanakan melalui kontrak kerja antara Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswan dengan rekor atau ketua ataupun direktur PTN dan PTS.