Jelang akhir perkuliahan semester gasal sekaligus akhir tahun, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) gelar acara tahunan berjudul Communication UMS Visual Art (CIVA). Acara tersebut merupakan sebuah bentuk apresiasi dari pihak prodi terhadap karya mahasiswa mata kuliah Sinematografi 2. CIVA sendiri merupakan sebuah acara pemutaran film pendek yang diselenggarakan setiap tahun.

CIVA sudah dilaksanakan selama 3 tahun sejak 2015 yang lalu. Selalu ada perbedaan-perbedaan yang ditunjukkan dalam event tahunan Prodi Ilmu Komunikasi UMS tersebut. Uud Iswahyudi selaku dosen pengampu mata kuliah Sinematografi 2 mengatakan bahwa tahun ini dalam produksi film CIVA tidak dibatasi oleh tema. Selain itu, pada tahun ini persoalan audio dalam video yang di produksi sangat diperhatikan.

Tahun ini kami tidak memberikan tema khusus dalam pembuatan film tersebut. Para mahasiswa ingin tema nya dibebaskan, ya kemudian kami bebaskan. Selain itu untuk tahun ini persoalan audio benar-benar kami perhatikan dan alhamdulillah kualitas audio yang sekarang jauh lebih baik,” kata Uud ketika diwawancarai.

Acara tersebut telah dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu-Minggu (23-24/12/2017). Dalam waktu 2 hari tersebut CIVA berhasil menayangkan 22 film pendek dengan tema yang beragam, mulai dari horor, komedi, anak-anak, dan lain sebagainya. Namun, dari sekian film yang ditayangkan, pada tahun ini film-film tersebut didominasi dengan tema yang menayangkan sosok seorang ibu.

Selain pemutaran film, kemeriahan CIVA juga juga diwarnai dengan adanya awarding yang dibagi menjadi 8 kategori. Kategori-kategori dalam awarding tersebut antara lain kategori poster, artistik, scriptwriting, audio, editing, directing, cinematography, serta best of the best. Awarding-awarding tersebut tentu memberikan kebanggaan tersendiri kepada para mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UMS, sebab hal ini juga merupakan salah satu bentuk akhir dari kompetisi mereka dalam mata kuliah Sinematografi 2.

Dr. Dian Purworini selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMS mengungkapkan bahwa para mahasiswa semester 5 yang memproduksi film-film tersebut terlihat menunjukkan antusiasme yang tinggi. Selain itu, karya-karya mereka juga bagus dengan menunjukkan pesan yang sederhana.

Mereka menunjukkan antusiasme yang tinggi, kemudian karya yang dibuat juga bagus-bagus dan pesan yang disampaikan sangat sederhana, serta banyak yang mengena sesuai dengan kondisi yang ada sekarang,” ungkapnya usai penyerahan awarding CIVA.

Dia juga sempat menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa untuk kedepan. “Harapan saya kepada para mahasiswa semoga mereka tetap berprestasi, berkarya, optimis, dan bahagia,” tutupnya. (Khairul)

Oleh: Khairul Syafuddin