Pengumuman hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) telah diterima sejak Selasa (03/04/2018). Menindaklanjuti hasil tersebut, Kemahasiswaan UMS langsung menggelar kegiatan Konsolidasi Awal PKM yang Lolos Didanai Dikti Tahun 2018, Selasa (17/08/2018).

Kegiatan konsolidasi awal ini bertujuan untuk mengumpulkan para perwakilan anggota dari 52 tim yang lolos seleksi beserta dosen pembimbingnya. Selain itu juga untuk memberi mereka pandangan dalam menyiapkan monev hingga Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang akan dihadapinya.

Wakil Rektor III UMS, Taufik Kasturi, Ph.D menjelaskan bahwa dalam rangka menindaklanjuti hasil seleksi proposal PKM tersebut, Kemahasiswaan UMS berencana memberikan dana talangan. Sehingga belum turunnya dana PKM dari Dikti tidak dapat menjadi alasan untuk menunda kegiatan PKM yang harus dikerjakan.

Didanai berapa belum tahu bukan berarti kita menunggu dana supaya bisa melakukan penelitian. Bidang Kemahasiswaan akan memberikan dana talangan dengan jumlah 3 juta rupiah,” ungkapnya.

Dana talangan ini digunakan untuk memberikan talangan sementara supaya proposal yang sudah dikerjakan segera dilaksanakan. Dengan disegerakannya pelaksanaan dari kegiatan PKM tersebut, maka mahasiswa juga dapat sesegera mungkin menyelesaikan laporan yang wajib di unggah ke Dikti serta memiliki waktu lebih untuk mengoreksinya terlebih dahulu.

Dia juga menambahkan bahwa UMS juga telah membuatkan timeline kegiatan dalam pelaksanaan PKM tersebut. Timeline ini dibuat dengan harapan agar para tim yang berhasil lolos seleksi pendanaan Dikti tersebut juga dapat lolos seleksi PIMNAS.

Kemudian kita juga sudah bikin timeline tentang program ini, sampai nanti pendampingan, pembuatan artikel publikasi, dan seterusnya, agar nanti proposal yang didanai oleh Dikti ini bisa lolos dalam seleksi PIMNAS. Kalau tahun kemarin lolos 8 tim, mudah-mudahan tahun ini minimal 8 tim atau 10 tim bisa berangkat ke Pimnas,” ungkapnya.

Dalam konsolidasi awal ini, Ahmad Kholid Al-Ghofari, MT selaku Kepala Bagian Penalaran Kreatifitas dan Softskill Kemahasiswaan UMS juga mengungkapkan bahwa UMS akan memberikan penghargaan berupa bebas biaya SPP kepada tim yang berhasil lolos di PIMNAS.

Bagi tim yang berhasil lolos PIMNAS dan meraih emas, UMS akan memberikan penghargaan berupa bebas SPP 4 semester per orang. Kemudian jika mendapat perak 3 semester per orang, perunggu 2 semester per orang, dan jika hanya menjadi presenter 1 semester perorang,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan jika mahasiswa yang bersangkutan sudah hampir selesai masa studi nya, UMS akan memberikan penghargaan berupa dana insentif yang diberikan secara langsung. Pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu upaya dari UMS untuk memberi semangat dan motivasi kepada seluruh tim untuk bersaing dalam ajang bergengsi tingkat nasional itu. (Khairul)

Oleh: Khairul Syafuddin