Penyambutan mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sudah menjadi kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan. Salah satu bentuk penyambutannya adalah melalui kegiatan Grand Opening Masta (Masa Ta’aruf) yang dilaksanakan di depan masjid Sudalmiyah Rais dan Lapangan kampus 2 UMS, Selasa (14/8/2018).

Kegiatan yang dihadi oleh 8000 mahasiswa baru tersebut secara langsung disambut oleh Rektor UMS, Dr. Sofyan Anif, M.Si. Secara langsung dia memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru yang telah diterima menjadi mahasiswa UMS. Selain itu dia juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para panitia yang telah menyiapkan acara tersebut.

“Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru, anda semua berada di tempat yang tepat untuk menimba ilmu dan keahlian menuju masa depan yang semakin baik. Saya juga berterima kasih kepada panitia yang telah sukses membuat acara penyambutan mahasiswa kali ini terasa berbeda dari sebelumnya,” ungkapnya.

Grand opening Masta 2018 ini berbeda dengan kegiatan yang telah diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini para mahasiswa baru membuat formasi koreografi yang bertuliskan “UMS, 60 tahun untuk Negeri”. Formasi ini juga sebagai bentuk kado dari UMS dalam menyambut Hari ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2018 mendatang.

Rektor UMS menyampaikan bahwa Muhammadiyah yang telah lahir di Indonesia memiliki peran serta yang cukup kuat untuk kemajuan bangsa ini, khususnya dalam hal pendidikan. Apalagi Muhammadiyah sendiri telah lahir sebelum Indonesia meraih kemerdekaan.

”Muhammadiyah yang lahir terlebih dulu dari Negara Indonesia, punya kewajiban untuk menjaga dan mengisi bangsa ini dengan karya-karya yang berkemajuan untuk bangsa. Salah satunya lewat pendidikan, termasuk melalui Kampus UMS ini,” ungkapnya.

Selain Rektor UMS, kedatanganmahasiswa baru tersebut juga disaksikan oleh Dr. Abdul Mu’ti selakuSekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Disana, dia memberikanorasi kebangsaan yang ditujukan kepada mahasiswa baru. Dia jugaberharap agar nantinya mereka dapat meneruskan perjuangan sebagaikader persyarikatan Muhammadiyah yang unggul di semua bidang.(Khairul)

Oleh : Khairul Syafuddin