Mata kuliah Komunikasi Krisis tidak hanya dapat dipahami dengan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Konsep dan teori juga dapat dikreasikan melalui film pendek untuk eksplorasi lebih dalam sekaligus menyenangkan seperti yang dilakukan oleh mahasiswa kelas A,B, C dan X mata kuliah Komuniksi Krisis pada tahun akademik 2019/2020.

Film pendek sebagai tugas akhir mata kuliah Komunikasi Krisis ini menggambarkan bagaimana organisasi atau instansi menghadapi krisis. “Setelah film dibuat, kita screening hari ini ada sharing, pemutaran film pendek, bedah film juga,” jelas dosen pengampu Komunikasi Krisis, Tri Wahyu Susilo M.I.Kom saat acara screening berlangsung (20/12).

Screening Film Pendek Mata Kuliah Komunikasi Krisis (20/12)

Screening film sebagai acara puncak dari tugas mata kuliah Komunikasi Krisis ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen. Dalam screening tersebut terdapat empat film yang diputar dengan tema krisis yang berbeda-beda. Menariknya, keempat film tersebut menampilkan cara penanggulangan krisis secara berbeda sebab faktor budaya organisasi yang berbeda.

Harapannnya, melalui pembuatan film pendek ini mahasiswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas terkait komunikasi krisis dan bagaimana penangangannya. Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam penilaian tugas ini yaitu bagaimana terjadinya sebuah krisis, tanda-tanda krisis terjadi dan bagaimana penyelesaian krisis tersebut. (Reza Kurniawan)

 

Tags: ,