Pada masa pandemic Covid-19 ini seluruh kegiatan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dilakukan secara daring. Tidak terkecuali kegiatan “Lomba Menulis #WriteFromeHome” yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) UMS yang berkolaborasi dengan Program Studi Ilmu Komunikasi UMS. “Lomba Menulis #WriteFromHome” adalah sebuah ajang perlombaan essay tingkat universitas untuk para mahasiswa aktif UMS agar dapat memunculkan ide serta gagasan tentang melawan pandemi COVID-19  serta kehidupan Ramadhan saat pandemi COVID-19.

Perlombaan ini dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama yaitu pendaftaran dan pengumpulan karya yang di buka selama 18 hari (14/5 – 1/6/2020). Selanjutnya tahap kedua yaitu penjurian dan pemenang yang diumumkan pada Jum’at (5/6/2020). Terdapat beberapa kriteria dalam penjurian, di antaranya kesesuaian karya dengan tema, ide dan orisinalitas, kreativitas dan kualitas konten, serta tata bahasa. Penjurian dilakukan secara objektif oleh dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMS, Yanti Haryanti, MA.

Kegiatan ini diikuti oleh 17 peserta yang berasal dari Prodi Ilmu Komunikasi, Informatika, Farmasi, Gizi, dan Teknik Industri. Lomba Menulis #WriteFromeHome tersebut dimenangkan oleh tiga orang peserta terbaik. Juara pertama dengan judul “Siapa yang Bisa Diandalkan?” di raih oleh Santika Rahma Gintari, juara kedua dengan judul “Gerak Nurani dalam Keterbatasan Sosial” di raih oleh Syifa Al-Hanniah, dan juara ketiga dengan judul “Empati Dibalik Pandemi” di raih oleh Hubbib Hunafa. Ketiga pemenang tersebut mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan buku inspiratif. Selain itu, karya essay mereka juga dapat dibaca melalui link bit.ly/KompilasiEssayWFH.

Salsabila, sekretaris Divisi Minat Bakat HIMAKOM UMS berharap meski saat ini sedang dalam kondisi pandemic COVID-19, akan tetapi jangan sampai hal tersebut menghalangi niat mahasiswa untuk berkarya.

“Kami berharap agar pandemic COVID-19 ini tidak membuat mahasiswa menjadi tidak produktif dan tetap optimis melawan pandemic ini, sehingga masyarakat tetap bisa menjalani ramadhan dan segala kebaikannya, serta tetap semangat melawan COVID-19 di Indonesia”, harapnya.

HIMAKOM UMS selaku penyelenggara “Lomba Menulis #WriteFromHome” yang bekerjasama dengan Prodi llmu Komunikasi UMS, sangat berterimakasih untuk antusias dan semangat para peserta yang mengikuti lomba ini, serta kepada juri yang telah berkenan untuk membantu dalam mencari dan menilai karya terbaik dari essay yang dikirimkan oleh para peserta.

Dr. Dian Purworini S.Sos., M.M selaku Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UMS menambahkan bahwa prodi sangat mendukung adanya kegiatan Lomba Menulis #WriteFromeHome. “Kalo dari Prodi intinya mendukung mahasiswa untuk mengasah skill menulis agar nanti bisa semakin termotivasi untuk terus berprestasi” tambahnya. (Tryvenya)