“Sehari yang Mengesankan”

Gandhung Suryo Sumirat

Gandhung Suryo Sumirat, yang akrab disapa Gandhung lahir pada tanggal 23 Agustus 1999 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Gandhung merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara dari pasangan suami istri Harlina dan Wasis Budi. Yang berhasil menjuarai lomba pembuatan video tentang “Membaca Membuka Wawasan Dunia” yang diadakan oleh perpustakaan daerah.

Mengawali pendidikan formalnya di SD Negeri Tertoyoso, SMP Batik Surakarta, dan SMA Batik Surakarta, membuat gandhung lebih memilih untuk melanjutkan sekolahnya di Universitas Muhammadiya Surakarta pada tahun 2017. Prodi Ilmu Komunikasi adalah pilihan yang dijatuhkan oleh gandhung dalam menuntut ilmu, karena kecintaannya terhadap dunia per flm-an.

Di awal perkuliahan gandhung sudah bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu KINE. Gandhung bersama dua rekannya yaitu Aswin dan Wangga dipercayai oleh Pak Uud (Dosen Sinematografi), untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh Perpustakaan Daerah tersebut.

Pembuatan video yang hanya memakan waktu sehari membuat Gandhung, Aswin, dan Wangga harus bekerja semaksimal mungkin. Dengan Mengangkat cerita tentang sorang penjual koran yang gemar membaca di perpustakaan daerah, membuat Gandhung dan 2 rekannya berhasil menjuarai peringkat pertama lomba pembuatan video tentang”Membaca Membuka Wawasan Dunia” Pada bulan November 2017. “ Alhadulillah, dengan waktu yang singkat saya dan teman-teman saya bisa menyelesaikan video tersebut” Ungkap Gandhung.

Sebaik-baiknya Manusia adalah Manusia yang Berguna”

-Gandhung-


Sang Penggila Juara, Nurul Fadila

Nurul Fadila

Nurul Fadila, raih juara ke tiga di Liga Mahasiswa Swimming Competition 2018, mengharumkan nama Universitas Muhammadiyah Surakarta kembali. Perlombaan yang digelar selama dua hari di Bandung, tepatnya di Kolam Renang Prestasi Koni, Jawa Barat itu diikuti oleh Mahasiswa UGM, UI, dan dari universitas swasta maupun negri lainnya.

Bagi Fadila prestasi dalam lomba renang bukan lagi hal yang biasa. Semenjak SD-SMA dia kerap menjadi juara renang di tinggkat derah, nasional, dan internasional. Hingga sudah puluhan medali dan piala yang dia kumpulkan.

“Alhamdulillah saya pernah meraih juara 2 ASEAN AGE GROUP 2011, juara 1 POPDA JATENG 2013, juara 1 KRAS Se-DIY & JATENG 2014 dan banyak lagi sih prestasi lomba renang semenjak SD-SMA lainnya.” Ungkap Fadila, (11/23).

Meski sebagai mahasiswa aktif ilmu komunikasi, lantas tidak menyuruti semangat Fadila untuk terus meraih prestasi di dunia renang, walau berbagai kendala yang harus dihadapinya. Fadila mengungkapkan, dia sempat pesimis untuk mengikuti kompotensi renang di Liga Mahasiswa mengingat berbagai kendala yang ada. Namun, atas dukungan dan dorongan dari pelatih pribadi fadila memutuskan untuk tetap mengikuti kompotensi.

“Ikut ajalah, eman-eman udah kuliah kok nggak ikut padahal kamu masih bisa, kata pelatih ku. Akhirnya saya coba daftar sendiri dan ngurus semua berkas beserta administrasinya sampai pontang-panting. Yang penting niat awal ku tercapai membawa harum nama UMS”. Tutur Fadila bangga, (11/23).

Kemenangan Fadila di Liga Mahasiswa melengkapi prestasi akademinya semenjak SD sampai Kuliah.

Fadila menjadi penggila juara.