Komunikasi Gandeng KINE Gelar Pengabdian Videografi

Komunikasi Gandeng KINE Gelar Pengabdian Videografi

UMS- “Dengan lensa kita bercerita, dengan pengabdian kita berbagi“, itulah tema yang diangkat oleh KINE CLUB Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam rangka pengabdian masyarakat yang diadakan di SMAN 6 Surakarta pada Selasa, 6 Juni 2017.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai sinematografi kepada siswa yang pada dasarnya materi tersebut belum didapatkan di sekolah. Terdapat dua materi yang akan diberikan, materi pertama adalah Sinopsis dan Treatment yang di sampaikan oleh Hafidh Rizky Pratama, mantan ketua KINE 2016. Sedangkan materi kedua adalah Camera Movement dan Angle yang disampaikan oleh Barlian, selaku Dosen Sinematografi UMS. Peserta yang mengikuti kegiatan berasal dari anggota setiap ekstrakurikuler yang masing-masing mengirimkan tiga orang sebagai perwakilannya.
Tak hanya materi sinematografi saja, praktek pun tak kalah penting demi melengkapi teori yang telah disampaikan oleh pemateri. Siswa juga dibimbing selama praktek pembuatan film pendek beserta editing video. Setelah proses pengambilan gambar dan juga editing, diadakan juga awarding dari film yang dibuat oleh siswa, yang bertujuan untuk mengapresiasi hasil karya mereka.
Pihak SMA N 6 Surakarta berharap kegiatan seperti ini tidak hanya diadakan sekali ini saja, tetapi untuk kedepannya bisa rutin dilaksanakan karena disekolah sendiri materi sinematografi tidak diajarkan.

Dosen Ilmu Komunikasi UMS yang menempuh S1 di UMS dan S2 UI dengan bidang studi Ilmu Komunikasi. Selama ini mengajar MK Komunikasi Perusahaan, Metode Penelitian serta Ekonomi Politik Media.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *