Kopma Mart UMS, Dari Mahasiswa Untuk Mahasiswa

Kopma Mart UMS, Dari Mahasiswa Untuk Mahasiswa

UMS, Pabelan-Online.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) menggelar Grand Opening (GO) Kopma Mart UMS yang bertempat di Jl. Menco Raya 19 B, Gonilan, Pabelan Kartasura, Selasa, (23/5/2017). Usaha yang baru dikembangkan tersebut untuk memfasilitasi mahasiswa dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari, alat tulis dan alat rumah tangga anak kos.

Rasyid Zailani, Ketua Tim Kopma Mart UMS, mengatakan bahwa GO dihadiri oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan (Kabagmawa) dan Dinas Koperasi UKM Sukoharjo. “Pembukaan Kopma Mart UMS merupakan pengembangan usaha dari toko yang ada di Griya Mahasiswa, Kampus I,” tutur mahasiswa semester 8 Fakultas Agama Islam (FAI), Selasa (23/5/2017).

Sebelum digelarnya GO, telah diadakan Soft Opening sejak Sabtu, (20/5). Hal itu bertujuan untuk menarik mahasiswa dan masyarakat untuk berkunjung ke Kopma Mart UMS dan juga untuk mentraining karyawan yang berjumlah 5 orang. “Karyawan ada 2 orang dari anggota Kopma dan 3 orang dari non mahasiswa yang tujuannya agar tetap bekerja professional tanpa berbenturan dengan jadwal kuliah,” ungkap Rasyid.

Rasyid menjelaskan bahwa rencana pembuatan Kopma Mart UMS sejak 2012 dan pada 2016 dibentuk tim yang akhirnya terealisasi pada 2017 ini dengan mendapatkan izin dari pihak rektorat. “Sebelum GO, juga dilakukan tasyakuran dengan mengundang Ustadz Abu Bakrie Royani,” jelasnya.

Kopma Mart UMD memiliki sistem belanja yang sama dengan swalayan pada umumnya. Namun, untuk sistem kartu member belum diberlakukan. “Setiap mahasiswa melakukan transaksi menyebutkan nama, alamat dan nomor telefon, maka akan tercatat di sistem yang ada dan memperoleh poin yang dapat digunakan apabila ada penawaran-penawaran tertentu dari Kopmamart UMS,” tutup Rasyid.

Reporter: Hesti Pawarti

Editor: Pipit Ernawati

Dosen Ilmu Komunikasi UMS yang menempuh S1 di UMS dan S2 UI dengan bidang studi Ilmu Komunikasi. Selama ini mengajar MK Komunikasi Perusahaan, Metode Penelitian serta Ekonomi Politik Media.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *