Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki beragam fasilitas untuk menunjang kegiatan perkuliahan dan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Laboratorium tersebut adalah studio audio-radio, TV dan Laboratorium editing.


Laboratorium Studio Radio

Laboratorium studio audio radio terletak di gedung J lantai 2 sayap kanan. Laboratorium studio audio radio ini digunakan untuk mengembangkan minat para mahasiswa di bidang kepenyiaran. Selain itu laboratorium studio radio juga digunakan untuk mendukung praktikum mata kuliah wajib audio dan radio.

Di dalam laboratorium studio radio terdapat alat-alat penunjang yang berhubungan dengan bidang audio dan radio, seperti; mixer, microfon, headset, pemancar, radio, perangkat komputer dan lain sebagainya. Laboratorium studio radio ini dikelola oleh mahasiswa dibawah kendali kepala laboratorium program studi ilmu komunikasi UMS.

Studio radio, dimanfaatkan secara aktif oleh mahasiswa yang tergabung dalam kelompok minat, dengan menamakan diri radio RADIK. Radio ini telah beroperasi sejak tahun 2007. Ruangan dalam Studio audio -radio ini dibagi menjadi tiga, yakni ruang On Air, ruang Produksi, dan ruang diskusi. Ruang On Air digunakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan anggota RADIK untuk melakukan siaran secara On Air, yakni setiap Senin-Jumat pukul 09.00-15.00. Ruangan yang kedua yakni Ruang Produksi, yang dimanfaatkan mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk praktik mata kuliah Audio dan Radio. Selain itu, juga digunakan oleh anggota Radik untuk kegiatan rutin proses rekaman program siaran off air. Ruangan terakhir yang ada di Studio Radio yakni ruang diskusi, yang dimanfaatkan untuk melakukan diskusi terkait siaran radio, pembuatan script, dan lain sebagainya.

Adanya Studio Radio Ilmu Komunikasi berperan penting dalam penyaluran minat dan bakat mahasiswa Ilmu Komunikasi, dimana di RADIK mahasiswa dapat belajar secara menyeluruh mengenai radio secara profesional, yang nantinya menjadi bekal di dunia kerja. Salah satu kegiatan yang ada di RADIK yakni menjalin komunikasi dengan pihak eksternal, yang diwujudkan dalam program talkshow bersama narasumber yang expert dibidangnya seperti praktisi, dosen, aktivis, dan mahasiswa berprestasi.

Gambar 1. Aktivitas siaran radio

Gambar 2. Laboratorium Audio dan Radio

Gambar 3. Studio Audio dan Radio


Laboratorium Studio TV

Laboratorium studio TV juga masih 1 lokasi dengan studio audio-radio. Studio ini  digunakan untuk menfasilitasi kuliah praktikum. Diantaranya yaitu Cinematografi , Produksi Film dan Fotografi. Selain mata kuliah praktikum, studio TV juga digunakan oleh beberapa mata kuliah lain sesuai dengan kebutuhan mata kuliah tersebut.

Studio ini juga dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ingin mengembangkan minat di bidang kepenyiaran televisi. Laboratorium studio TV ini digunakan untuk membuat konten talkshow untuk channel youtube prodi, simulasi on air dan untuk proses pembuatan konten-konten video yang dikelola oleh tim minat bakat ilmu komunikasi UMS.

Selain studio, dalam laboratorium juga terdapat ruang MCR (Master Control Room) atau yang sering disebut sebagai ruang kendali siaran televisi, merupakan ruangan yang berisi tentang perangkat teknis utama penyiaran dalam mengontrol segala proses siaran. Di dalam laboratorium studio TV terdapat alat-alat penunjang yang berhubungan dengan bidang pertelevisian, seperti; Kamera dengan berbagai tipe, microfon, lighting, stabilizer, reflektor, mixer, greenscreen, monitor, switcher, perangkat komputer, LCD dan lain sebagainya.

Gambar 4. Kegiatan di Laboratorium Studio TV


Laboratorium Editing

Laboratorium editing ini digunakan untuk mengembangkan minat para mahasiswa di bidang editing. Laboratorium editing digunakan untuk kegiatan proses editing dari segala macam bentuk produksi audio dan visual yang kemudian menghasilkan produk  jadi seperti video, foto, suara, company profile, desain grafis, produksi media cetak.

Di dalam laboratorium editing terdapat alat-alat penunjang yang berhubungan dengan bidang editing, seperti; monitor, perangkat komputer, speaker dan lain sebagainya. Fasilitas laboratorium editing ini diharapkan dapat menjadi tempat untuk mahasiswa mengembangkan bakatnya dibidang editing. Laboratorium editing ini dikelola oleh mahasiswa dibawah kendali kepala laboatorium dari  program studi ilmu komunikasi UMS.

Gambar 5. Kegiatan di Laboratorium Editing