Prodi Komunikasi Kembangkan Pengelolaan Jurnal

Prodi Komunikasi Kembangkan Pengelolaan Jurnal

UMS-Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Ilkom UMS) telah menyelenggarakan workshop pengelolaan jurnal. Workshop tersebut telah dilaksanakan di Gedung Induk Siti Walidah Kampus 2 UMS, Sabtu (13/5).

Kegiatan yang dihadiri oleh 34 peserta ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas jurnal yang ada di Perguruan Tinggi. Hal tersebut sangat perlu untuk diperhatikan karena pembuatan sebuah jurnal merupakan salah satu bentuk dari Tridarma Perguruan Tinggi oleh Civitas Akademika.
Dalam kegiatan ini, Prodi Ilkom UMS turut menghadirkan 2 narasumber yang pakar di bidang pengelolaan jurnal. Narasumber pertama Gunawan Ariyanto, selaku Ketua Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) UMS menjelaskan bahwa paradigma jurnal di Indonesia sudah berevolusi. Dahulu orang menganggap bahwa jurnal online merupakan sebuah artikel.

“Kita harus memahami bahwa paradigma Jurnal di Indonesia sudah mulai berevolusi. Dulu jurnal online dianggap sebagai artikel. Namun, sekarang ini jurnal online sudah dianggap sebagai jurnal ilmiah. Bahkan dikti memberikan aturan dalam pengelolaan jurnal 100 persen harus online,” jelasnya.
Selain itu narasumber kedua, Puji Lestari selaku Pengelola Jurnal Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) menambahkan bahwa untuk membuat jurnal yang dikelola dapat terakreditasi maka penulis dalam jurnal tersebut tidak hanya penulis internal.

Namun, banyaknya penulis eksternal harus diperhatikan karena dapat membantu perolehan akreditasi sebuah jurnal. “Dalam menulis jurnal jangan hanya diisi oleh penulis di lingkungan sendiri. Usahakan menawarkan juga kepada penulis dari luar karena akan bepengaruh terhadap penilaian akreditasi nya,” tambahnya.

Reporter :Kayrul

Dosen Ilmu Komunikasi UMS yang menempuh S1 di UMS dan S2 UI dengan bidang studi Ilmu Komunikasi. Selama ini mengajar MK Komunikasi Perusahaan, Metode Penelitian serta Ekonomi Politik Media.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *