Ilmu Komunikasi

Program Studi

:

Ilmu Komunikasi (communication science)

Jenjang Pendidikan

:

Strata 1 (Sarjana)

Berdiri / No. SK

:

2006 / 22296/D/T/2006

Status Akreditasi

:

BAN PT No. 5495/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 berlaku sampai September 2025


Sejarah Prodi Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komunikasi berdiri pada tahun 2006 berdasarkan Surat Keputusan no. 22296/D/T/2006. Pada tahun 2011, Prodi Ilmu Komunikasi memiliki tiga konsentrasi yaitu jurnalistik, broadcast dan Cinema serta Public Relation and Marketing Communication. Sementara pada tahun 2015 kurikulum prodi ilmu komunikasi memiliki 1 konsentrasi yaitu Ilmu Komunikasi.


Prodi Ilmu Komunikasi membekali mahasiswa dengan kurikulum yang sesuai kebutuhan pasar, kelas dengan AC, berbagai laboratorium dan studio, praktek kerja melalui magang di instansi, melatih skill komunikasi melalui kelompok minat dan bakat, dan akses untuk ikut magang di tingkat internasional.

Prodi Ilmu Komunikasi mencetak alumni yang mampu menguasai pengetahuan, teknik dan skill komunikasi di berbagai bentuk, baik tulisan maupun verbal serta di berbagai tingkat, mulai dari interpersonal, kelompok, dan organisasi.

Dengan dukungan tersebut, diharapkan alumni mampu  mampu bersaing di berbagai bidang komunikasi, seperti praktisi media, jurnalis, humas, peneliti, dan berbagai professional lain termasuk wirausaha. Selain itu, mata kuliah life skills dan keislaman juga diajarkan agar semakin memperkuat nilai-nilai kedisiplinan, ketangguhan, keislaman dalam diri alumni.


Fasilitas

Kegiatan akademik di Prodi Ilmu Komunikasi UMS didukung berbagai fasilitas seperti tenaga pendidik yang berkualitas dan ruang kelas. Kegiatan praktikum didukung oleh beberapa laboratorium yaitu :

  1. Lab Radio
  2. Lab TV
  3. Lab Fotografi
  4. Lab Video Editting
  5. Lab Public Speaking
  6. Ruang Multimedia

Selain fasilitas di atas, fasilitas laboratorium komputer juga disediakan oleh fakultas. Sementara fasilitas buku dan jurnal dapat diakses melalui perpustakaan UMS.


Kegiatan non akademik di Prodi Ilmu Komunikasi difasilitasi melalui kegiatan siaran radio yaitu Radik (http://radikums.blogspot.com/) dan kegiatan kelompok minat. Keduanya merupakan ruang yang berada di bawah naungan prodi untuk mengeksplorasi potensi baik secara pemahaman dan praktik mahasiswa. Tidak menutup kemungkinan ruang non akademik akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.